Rabu, 04 Mei 2016

Review Anime Steins;Gate

Sinopsis Anime Steins;Gate

review-anime-steins-gate
Okabe Rintaro, Shiina Mayuri, dan Daru bergabung di ‘Future Gadget Research Laboratory’. Mereka menghabiskan waktu mereka di laboratorium sederhana itu.
Dalam satu kesempatan, Okabe menyadari kalau mereka tanpa sengaja telah menemukan sebuah mesin waktu yang bisa mengirim pesan ke masa lalu.
Serangkaian percobaan mereka lakukan sehingga mereka bisa mengubah masa lalu. Tapi ternyata ada sebuah organisasi bernama SERN yang senantiasa mengawasi pergerakan mereka.

Data Anime Steins;Gate
Episodes: 24
Status: Finished Airing
Aired: Apr 6, 2011 to Sep 14, 2011
Producers: Frontier Works, FUNimation EntertainmentL, Media Factory, Movic, AT-X, White Fox, Kadokawa Pictures Japan, Nitroplus
Genres: Sci-Fi, Thriller

Alur Cerita Anime Steins;Gate

Anime Steins;Gate ini bercerita tentang Okabe Rintaro, seorang pria aneh yang menjuluki dirinya sebagai ‘Mad Scientist’ bernama Hououin Kyouma. Dia menjadi ketua dari Future Gadget Research Laboratory (Lab Penelitian Perangkat Masa Depan) mempunyai dua orang partner, yakni Shiina Mayuri yang merupakan teman masa kecilnya serta seorang Otaku Hacker bernama Hashida Itaru (Daru).
okabe-mayuri-daru
Cerita bermula ketika Okabe pergi ke sebuah konferensi pembuatan mesin waktu. Di sana dia melihat mayat wanita benama Makise Kurisu yang tertusuk pisau dan berlumuran darah. Okabe pun mengirim pesan kepada Daru, tapi anehnya setelah mengirim pesan tersebut Dunia seakan berubah.
Singkat cerita, pesan Okabe tersebut terkirim ke masa lalu. Kemudian Okabe pun sadar kalau pesan yang dikirim ke masa lalu itu ternyata bisa merubah masa depan. Itu terbukti karena konferensi yang seharusnya ia datangi itu dibatalkan. Selain itu, Makise Kurisu yang sebelumnya ia lihat mati tertusuk pisau justru masih hidup.

Nantinya, Makise Kurisu pun bergabung dengan Lab pimpinan Okabe. Kemudian mereka  melakukan berbagai percobaan terhadap pesan yang bisa terkirim ke masa lalu ini.
Dari berbagai percobaan yang dilakukan, mereka berhasil menciptakan alat yang bisa mengulang masa lalu. Di sini ada satu adegan menyedihkan, tepatnya ketika Mayuri meninggal tertembak oleh antek-antek SERN.
Okabe yang tidak rela kehilangan teman masa kecilnya berusaha mengulang masa lalu kemudian mencegah kematian Mayuri, tapi usahanya sia-sia. Berapa kalipun dia mengulang waktu, tetap saja Mayuri akhirnya mati meskipun penyebab kematiannya berubah.
review-anime-steins-gate
Shiina Mayuri
Sampai akhirnya Okabe berhasil menemukan cara mencegah kematian Mayuri. Sayangnya satu-satunya cara itu justru malah menyebabkan kematian Makise. Dilema luar biasa dialami Okabe, meskipun pada akhirnya dia tetap memilih menghidupkan kembali Mayuri meskipun harus mengorbankan Makise yang dia cintai.

Di akhir cerita, Okabe bertemu dengan penjelajah waktu dari masa depan yang meminta tolong padanya. Dia ingin Okabe membantunya untuk mengubah masa lalu, untuk mencegah kekacauan yang terjadi di masa depan.
Ini benar-benar scene mengharukan, Okabe dimintai tolong untuk mengubah masa lalu, tepatnya mencegah kematian Makise Kurise sewaktu di konferensi pembuatan mesin waktu yang lalu.
Lantas bagaimana kelanjutannya ? Biar lebih afdhol saksikan aja deh animenya.

Review Anime Steins;Gate

Steins;Gate ini memang bisa dikategorikan anime dengan cerita yang rumit dan unik. Di episode pertama, begitu banyak pertanyaan yang terlintas di kepala saya. Sepertinya wajar, karena memang jawaban dari pertanyaan saya ini baru dijawab di episode-episode akhir.
Hal yang unik dari anime ini adalah khasnya gaya bicara Okabe yang selalu bertele-tele. Daru pun mempunyai gaya berbicara yang unik, agak dibuat seperti suara anak-anak cadel. Selain itu ada juga salam unik khas Mayushi, Tutturuu!!
Meskipun butuh kesabaran dan fokus lebih untuk memahami isi dari anime ini, tapi semuanya terbayar lunas ketika saya menamatkannya. Ada rasa puas karena ternyata ceritanya benar-benar berkualitas dan seru.
Secara pribadi saya pikir episode pertama dan terakhir merupakan inti cerita dari anime ini.
Hebatnya anime ini adalah bagaimana mereka membuat hal-hal yang kita pikir tidak penting justru mempunyai dampak yang besar di masa depan.  Ini yang memaksa penonton harus konsentrasi memperhatikan semuanya secara detail.
Kalau dipaksa harus memberikan score untuk anime Steins;Gate ini, saya akan beri nilai 9/10.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar