Rabu, 15 Juli 2015

Cara Mudah Menyelesaikan Rubik

Pengenalan :

Dalam permainan rubik, ada gerakan-gerakan memutar sisi. Nah, kumpulanpergerakan memutar suatu sisi untuk tujuan tertentu, dinamakan denganAlgoritma.
Gambar dibawah ini adalah pengenalan dasar untuk memahami simbol-simbol atau istilah-istilah yang digunakan dalam suatu Algoritma nantinya.
Misalnya,
Yang dimaksud L adalah sisi kiri yang diputar searah jarum jam
Yang dimaksud R adalah sisi kanan yang diputar searah jarum jam
Yang dimaksud U adalah sisi atas yang diputar searah jarum jam
Yang dimaksud F adalah sisi depan yang diputar searah jarum jam
Kemudian untuk putaran yang berlawanan dengan arah jarum jam, digunakan tanda aksen ( ' ), seperti  : L' R' U' dan F'.



-  Untuk huruf kecil f,r,u,l, maka maksudnya adalah di putar 2 sisi bersama-sama dengan sisi center.
-  Jika di jumpai simbol X , maka maksudnya  adalah   memutar   keseluruhan   rubik   ke    atas sehingga warna putih menjadi didepan, seperti gambar dibawah ini :

LANGKAH PERTAMA 
Langkah 1 : Membuat cross putih, setiap kaki cross harus terorientasi dengan center di samping putih.

Langkah ini diawali dengan mencari center kuning, kemudian  buatlah warna putih mengelilingi center kuning tersebut. (seperti gambar diatas).


A. Letakkan "+" (center kuning yang dikelilingi warna putih tersebut) di bawah, kemudian samakan sisi balok putih dengan warna sisi kubus.
B. Putar sisi tersebut sehingga warna putih menjadi diatas.
C. Lakukan di ke tiga sisi lainnya.                                    


Hasilnya akan seperti gambar di atas ini.
                                      

Jika terjadi kondisi seperti yang di atas gunakan algoritme F U’ R U


    
Langkah 2 : Membuat "putih jadi semua" terorientasi setiap Layer 1 sama dengan center di samping putih
                                        
                                                
                                            R U R’                     F’ U’ F                 F’ U’ F U F’ U’ F
      

                                             R U2 R’ U’ R U R’              R U R’ U’ R U R’


Langkah 3 : Membuat layer 2 terorientasi dengan center
                            

                            Cari edge (ujung tepi tengah) di sisi U (atas) yang tidak ada warna kuning

1.  Gambar di atas adalah edge merah hijau yang akan di pindahkan ke kanan, maka algoritme nya :
U R U’ R’ U’ F’ U F

2.  Jika edge merah hijau tsb akan dipindahkan ke kiri, gunakan algoritme
U’ L’ U L U F U’ F’

3.  Jika posisinya tertukar, letakan di kanan lalu gunakan algoritme
R U’ R’ U’ F’ U F 
lalu putar sisi U untuk mendapatkan
kondisi yang seperti nomor 1 atau 2.

Langkah 4 : Membuat cross kuning
                                


                     



Langkah 5  : Membuat warna kuning jadi semua

Ada 2 cara untuk menjadikan warna kuning
 1. Gunakan algoritme R U R’ U R U2 R’
                                                   
   
2. Cara di bawah ini adalah cara cepat membuat kuning        
                         


Langkah 6 : Mengorientasikan corner ( Headlight )  

 Gambar di atas adalah headlight, jika ada satu, letakan di sisi kiri.
gunakan Algoritme : R U2 R’ U’ R U2 L’ U R’ U’ L
Jika tidak ada headlight gunakan algoritme di atas
Sampai di temukan headlight.

Langkah 7 : Memutar ketiga edge kuning untuk menjadikan ke-6 sisinya


   

                                           
                                      

Lakukan algoritma di atas ( pilih salah satu ), lalu putar sisi U untuk mendapatkan  patern  yang  ada  di  atas, lalu lakukan algoritme sesuai patern yang di dapatkan.





Selamat Mencoba !! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar